Cara Membuat Kambing Agar Cepat Gemuk

Memelihara kambing dapat mendatangkan beberapa manfaat sekaligus. Diantaranya adalah kambing dapat diambil dagingnya, air susunya, dan juga kotorannya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Harga jual kambing yang terus naik dari waktu ke waktu juga memberikan nilai lebih tersendiri bagi peternak. Apalagi menjelang hari raya kurban, kambing selalu menjadi primadona bagi orang yang ingin melaksanakan kurban selain sapi.
Cara Membuat Kambing Agar Cepat Gemuk
Supaya harga jual kambing semakin tinggi tentu saja kambing harus terlihat sehat dan gemuk. Karena itu ada beberapa faktor yang mesti diperhatikan agar kambing menjadi gemuk sesuai yang diinginkan. Salah satu faktor utama yang menentukan tingkat keberhasilannya adalah pakan.
Pemberian secara teratur dan berimbang dapat mempercepat kambing menjadi gemuk. Ada dua jenis pakan yang direkondasikan, yaitu jenis pakan hijauan, yaitu pakan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Misalnya daun kleresede atau daun gamal, daun nangka, rumput gajah, serta rerumputan lainnya. Dan pakan konsentrat yang terbuat dari bahan alami berupa tepung kedelai, kulit kedelai, tepung kulit kacang tanah, tepung tongkol jagung.
Perbandingan antara konsentrat dan hijauan adalah 70% : 30%. Sebaiknya pakan konsentrat diberikan terlebih dahulu sebelum kambing diberi pakan dari hijauan, pada pagi dan sore hari. Disamping itu air harus selalu tersedia setiap saat. Apabila hal tersebut dilakukan secara rutin dan terus-menerus, maka kambing akan menjadi cepat gemuk.
Kelebihan menggunakan pakan alami yaitu lebih murah dan mudah didapat.
Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *