Cara Mengatasi Pesan ‘The following ink may have run out’ Pada Printer Canon

Yang namanya halangan, rintangan, ujian, musibah atau apa sajalah itu, pasti pernah kita alami di dalam kehidupan ini. Seperti kejadian yang sedang menimpa saya kali ini. Disaat sedang menikmati cetak-mencetak undangan, tiba-tiba cartridge printer saya ngadat dan hasil cetakannya bergaris. Padahal beberapa hari lagi undangan akan diambil oleh pelanggan dan blanko yang belum dicetak masih banyak. Setelah melakukan cleaning pada cartridge beberapa kali ternyata tidak membuahkan hasil. Ini artinya saya harus membeli cartridge yang baru 🙁
Lalu saya teringat kalau saya masih punya ‘bangkai’ printer Canon MP237 yang sudah cukup lama teronggok di pojokan. Setelah saya periksa ternyata seri cartridge-nya sama dengan Canon Pixma iP2770 yang saat ini saya pakai. Dan untungnya lagi, cartridge warnanya masih berfungsi, cuma cartridge hitam saja yang rusak. Kemudian saya pasang cartridge untuk menggantikan cartridge yang rusak. Ketika hendak melanjutkan mencetak, muncul masalah lain. Printer tidak mau mencetak dan muncul pesan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Pesan 'The following ink may have run out' Pada Printer Canon

“The following ink may have run out.
   Color
The function for detecting the remaining ink
level will be disabled since the ink level
cannot be correctly detected.
If you want to continue printing without this
function, press the printer’s RESUME button
for at least 5 seconds.

Canon recommends to use new genuine
Canon cartridges in order to obtain optimum
qualities.
Please be advised that Canon shall not be
liable for any malfunction or trouble caused
by continuation of printing under the ink out
condition.”

Untuk beberapa saat saya sempat panik dan bingung harus berbuat apa. Dalam pesan tersebut saya hanya mempunyai pilihan untuk membatalkan mencetak. Setelah saya pilih ‘Cancel Printing’ kemudian saya matikan power pada printer dan mencabut stop kontak dengan harapan pesan yang tadi tidak muncul kembali ketika printer saya nyalakan kembali. Tapi perkiraan saya keliru, beberapa kali pesan ‘Ink have run out‘ atau tinta telah habis masih saja muncul. Padahal cadangan tinta di dalam tabung infus masih cukup banyak.
Rupanya dalam keadaan panik hal yang sebenarnya mudah jadi kelihatan susah. Kalau saja lebih teliti sedikit saja, masalah munculnya peringatan ‘Ink have run out’ dapat diatasi hanya dengan satu langkah sederhana yang telah disertakan di dalam pesan tersebut.
Apabila kejadian seperti ini juga sedang menimpa anda, dan anda sedang mencari jalan keluarnya maka fokuskan perhatian anda pada kalimat dalam quote yang saya tebalkan.

Jadi untuk mengatasinya kita tinggal menekan tombol ‘RESUME’ pada printer selama kurang lebih 5 detik atau sampai lampu oranye mati dan lampu hijau berkedip. Setelah itu lepaskan dan sekarang printer sudah dapat digunakan untuk mencetak kembali.

Cara Mengatasi Pesan 'The following ink may have run out' Pada Printer Canon
Nah, itulah cerita pengalaman saya tentang Cara Mengatasi Pesan ‘The following ink may have run out’ Pada Printer Canon yang saya jadikan sebuah catatan sebagai cadangan apabila suatu hari nanti saya atau siapapun mengalami kejadian seperti ini lagi.

Jangan lupa baca juga : Tips agar cartridge printer tetap awet.

2 thoughts on “Cara Mengatasi Pesan ‘The following ink may have run out’ Pada Printer Canon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *