Bunga Tasbih : Tanaman Hias Yang Cantik Mempesona Kaya Manfaat

Bunga tasbih atau Canna lily adalah tanaman yang termasuk tanaman hias luar ruangan (outdoor). Bunga tasbih bukan tanaman asli Indonesia. Bunga ini berasal dari daerah tropis di benua Amerika sana. Sekarang ini, bunga tasbih banyak dijumpai di taman-taman kota, dan tidak jarang juga dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah. Bunga tasbih tumbuh besar, tegak dan bergerombol, dengan tinggi bisa mencapai dua meter. Daunnya besar dan lebar dengan warna hijau atau merah tengguli. Bunganya juga besar bertandan dan mempunyai warna-warna yang cerah seperti merah, merah muda, dan kuning atau kombinasi antara warna merah dan kuning. Keindahan bunga tersebut yang membuat orang ingin menanamnya sebagai tanaman hias. Selain cantik mempesona, bunga tasbih mudah dalam perawatannya dan mudah diperbanyak.
Memperbanyak bunga tasbih caranya cukup mudah. Cukup dengan mencabut gerombolan tanaman lalu pisahkan bagian bonggolnya dan dapat langsung tanam ditempat yang baru. Untuk hasil yang maksimal, rendam terlebih dahulu pohon bunga tasbih yang akan ditanam di dalam ember berisi air sebatas umbinya, baru kemudian pohon baru ditanam. Bunga tasbih mampu bertahan pada suhu udara yang panas sekalipun, meskipun sebenarnya bunga tasbih menyukai tanah yang lembab cenderung basah.
Bunga Canna : Tanaman Hias Yang Cantik Mempesona Kaya Manfaat

Dibalik keindahannya, bunga tasbih juga mempunyai berbagai manfaat. Di Australia tumbuhan bunga tasbih dimanfaatkan sebagai tanaman penghasil tepung. Rasa rimpangnya manis dan bersifat menyejukkan digunakan sebagai penyejuk, pereda demam, melancarkan buang air kecil, penenang dan menurunkan tekanan darah. Bunganya bersifat hemostatis, daunnya mengandung tannin dan sulfur. 
Menurut ahli herbal di Jakarta, Yellia Mangan, rimpang bunga tasbeh mempunyai khasiat lebih baik jika dibandingkan daun sirih untuk mengatasi keputihan.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Bunga_tasbih
Khasiat lain rimpang bunga tasbih disamping dapat menghilangkan keputihan juga mampu menghentikan pendarahan. Selain itu rimpang bunga tasbih dapat digunakan sebagai bahan untuk mengobati bermacam penyakitn seperti:
  • Acute icteric hepatitis/ sakit kuning
  • Disentri
  • Radang kulit bernanah
  • Haid banyak
  • Batuk berdarah
  • Wasir (ambeien)
  • Jerawat
Catatan !

Untuk cara meramu rimpang atau umbi dari bunga tasbih ini sebaiknya langsung bertanya dan berkonsultasi kepada ahlinya agar tidak menimbulkan masalah yang tidak dikehendaki.

Jadi, selain menghadirkan keindahan sebagai tanaman hias ternyata bunga tasbih juga merupakan tanaman obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit yang tertera di dalam daftar penyakit di atas.
Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *