7 Tanaman Hias Ini Mengandung Racun !

Tanaman hias berfungsi mempercantik area sekitar rumah, baik itu di luar ruangan (taman) atau di dalam ruangan. Ada jenis tanaman hias yang mempunyai fungsi ganda. Selain menghiasi taman atau ruangan, juga dapat menyerap debu, pengusir nyamuk, atau juga sebagai tanaman herbal. Namun perlu anda ketahui, bahwa ada beberapa tanaman hias yang harus diwaspadai. Kenapa, karena jenis tanaman ini mengandung racun. Nah, tanaman hias apa sajakah itu, mari kita simak bersama.
7 Tanaman Hias Ini Mengandung Racun !

Oleander
Bunga ini sering ditemukan di area taman sekolah. Namun tahukan anda, bahwa tumbuhan yang satu ini merupakan salah satu tanaman paling beracun yang ada. Semua bagian dari tanaman ini mengandung racun. Bahkan madu yang dihasilkan dari bunga ini juga mengandung racun. Getahnya dapat menyebabkan mati rasa pada kulit. Racun yang terdapat pada tanaman oleander tergolong racun yang sangat kuat. Satu helai daun saja dapat berakibat fatal pada orang dewasa. 
7 Tanaman Hias Ini Mengandung Racun !
Deadly Nightshade
Orang biasa menyebutnya dengan berbagai nama. Apapun itu, jenis tanaman ini mempunyai bagian yang berbahaya, yaitu daun dan bijinya. Bahkan tanaman ini memiliki cerita sejarah, di mana ia biasa digunakan sebagai racun. Hal yang tidak kita sadari, famili dari nightshade ini ternyata begitu dekat dengan dapur kita, yaitu tomat, terong, kentang dan cabai rawit. Namun, jangan coba untuk memakan buah dari tanaman ini.
7 Tanaman Hias Ini Mengandung Racun !
Rosary Pea
Biji tanaman ini berwarna merah dengan ujung berwarna hitam. Sekilas terlihat cantik dan menawan, sehingga biji saga rambat ini sering digunakan sebagai hiasan. Dikisahkan, beberapa orang meninggal setelah merangkai biji-biji mematikan ini. Setelah diteliti, ternyata rosary pea ini memiliki racun paling mematikan di dunia, yang disebut abrin. Abrin merupakan zat racun yang menyebabkan penggumpalan darah merah dan menonaktifkan ribosom.
7 Tanaman Hias Ini Mengandung Racun !
European Yew
Hampir di semua bagian europan yew (Taxus Baccata) mengandung racun yang sangat berbahaya. Kecuali bagian aril, atau bagian dengan warna merah yang menutup bijinya yang beracun. Bagian ini sering dimakan burung. Racun terkuat bukan pada bijinya, tapi ada di bagian daunnya. 
7 Tanaman Hias Ini Mengandung Racun !
Doll’s Eye
Buah pada tanaman ini berbentuk seperti bola-bola mata. Mungkin karena itu, tanaman ini dinamakan doll’s eye (mata boneka). Sekilas terlihat unik namun agak sedikit menakutkan. Begitu juga dengan sesuatu yang terkandung di dalamnya. Doll’s eye mengandung racun cardiogenic. Racun ini bisa menyebabkan jantung terhenti yang berujung pada kematian.
7 Tanaman Hias Ini Mengandung Racun !
Angel’s trumpet
Angel’s trumpet atau brugmansia/ datura, merupakan jenis tanaman yang dapat dijadikan tanaman untuk memperindah taman rumah kita. Disamping cantik, mereka juga terlihat elegan. Mempunyai beberapa warna diantaranya putih, kuning, oranye dan peach dan beraroma harum. Namun, di semua bagian dari bunga terompet ini ternyata mempunyai racun yang berbahaya. Bunga terompet sering dijadikan sebagai obat, tapi jika tidak mengerti dosis dan cara meraciknya, obat ini justru dapat mengancam jiwa kita. 
7 Tanaman Hias Ini Mengandung Racun !
Daffodils
Penampilan luar yang cantik bunga ini memang bisa mengelabui mata siapa saja yang melihatnya. Daffodil terlihat begitu indah dan seperti tidak membahayakan. Namun ternyata bunga ini dapat mengancam. Daffodil mempunyai racun yang sangat berbahaya, yang terdapat pada bagian umbi atau akarnya. Bagian tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti muntah dan diare apabila sampai tertelan/ termakan. Efek lain dari racun yang terkandung di dalam umbi daffodil adalah dapat menyebabkan hipertensi, parkinson, dan jantung berdebar. Karena itu sang ahli filsafat, Socrates menyebut bunga daffodil sebagai ‘.Chaplet of the infernal Gods‘.
Demikian 7 tanaman hias beracun yang dapat kami sampaikan. Mungkin masih banyak lagi tanaman yang ada di sekitar kita yang mengandung racun, namun belum ditemukan karena belum diteliti. Karena itu kita harus senantiasa waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga menambah wawasan bagi kita semua !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *