Resep Membuat Bolu Kukus

Melihat tampilan bolu kukus yang merekah dengan berbagai macam pilihan warna, ternyata cukup menggugah selera juga. Tapi kadang antara rasa dengan penampilan agak jauh berbeda. Contohnya bolu kukus yang dijual diwarung-warung pinggir jalan. Rasa bolu kukus ada yang agak pahit di lidah, dan rasa kurang nyaman di tenggorokan. Mungkin anda juga pernah mengalami dan merasakannya sendiri. Itu semua terjadi karena ketika membuat bolu kukus, si pembuat menambahkan bahan sintetis untuk menekan biaya produksi. Sayangnya, penambahan bahan-bahan tersebut tidak mengikuti aturan yang dianjurkan. Pemberian gula sintetis yang terlalu banyak justru membuat rasa bolu meninggalkan rasa pahit. Belum lagi kalau pewarna yang digunakan adalah pewarna yang bukan khusus untuk makanan. 
Resep Membuat Bolu Sakura

Untuk mendapatkan rasa seperti yang diharapkan dan tidak menimbulkan masalah setelah menyantapnya, tidak ada salahnya jika anda membuat bolu kukus sendiri di rumah karena cara membuatnya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak peralatan memasak.

Berikut resep membuat bolu kukusnya,

Bahan:
275 gr terigu
200 gr gula pasir
2 butir telur
225 ml soda tawar
1/2 sdt vanili
1/2 sdt baking powder
2 sdt emulsifier
Pewarna makanan

Cara membuat:

  • Masukkan gula pasir, telur dan emulsifier ke dalam wadah, kemudian kocok sampai menjadi agak kaku.
  • Masukkan tepung terigu, baking powder dan vanili, lalu aduk hingga tercampur sempurna.
  • Buat adonan menjadi dua bagian, lalu salah satu bagian diberi pewarna makanan, kemudian aduk rata. Pemberian pewarna disesuaikan dengan selera dan bisa lebih dari dua warna.
  • Siapkan cetakan, kemudian lapisi dengan kertas kue di dalamnya.
  • Tuang adonan dalam cetakan bolu. Masukkan adonan yang tanpa warna terlebih dahulu, baru disusul dengan adonan yang sudah diberi warna.
  • Kukus hingga matang selama kurang lebih 10 menit hingga bolu merekah.
  • Setelah bolu matang,angkat dan lalu dinginkan….
  • Sajikan….
Demikian resep membuat bolu kukus dari kami yang dapat anda coba di rumah. Dengan membuat sendiri jajan sendiri di rumah setidaknya dapat meminimalisir resiko yang diakibatkan oleh bahan-bahan yang membahayakan kesehatan tubuh kita dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *