Membuat Sendiri Jarum Jahit Sepatu

Pernah tidak melihat tukang sol sepatu yang sedang memperbaiki sepatu atau sendal pelanggannya. Kalau diperhatikan sepertinya mudah sekali melakukannya. Tapi pada kenyataannya cukup sulit juga kalau dilakukan oleh pemula. Tusuk sana tusuk sini lalu tarik, begitu dilakukan secara berulang-ulang menggunakan alat tradisional yang masih sangat sederhana dan seutas benang nilon yang kuat. Ketelatenan dan kesabaran sangat dibutuhkan dalam mengerjakannya untuk mendapatkan hasil yang bagus dan rapi.

Tukang sol sepatu sampai saat ini masih dibutuhkan oleh sebagian masyarakat, terutama masyarakat kalangan menengah kebawah. Karena ongkos untuk membetulkan sepatu atau sendal tergolong murah jika dibandingkan harus beli lagi yang baru. Lumayanlah, sepatu atau sendal yang ‘mangap’ bisa dipakai lagi. Dengan begitu, dapat sedikit menghemat pengeluaran 🙂

Membuat Sendiri Jarum Jahit Sepatu

Kalau mau lebih hemat lagi, menjahit solnya dilakukan sendiri. Benang nilonnya minta sama tetangga, dan alatnya yang berupa jarum jahit bikin sendiri. Jadi, tidak keluar modal kan 🙂

Di sini saya akan membocorkan sebuah rahasia bagaiman cara membuat sendiri jarum jahit sepatu kepada anda. Caranya sangat mudah sekali, dan bahan untuk membuatnya juga dapat dengan mudah kita dapatkan.

Bahan-bahannya adalah :
Kayu berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 12 cm dengan ketebalan 2 cm. Atau bisa anda tentukan sendiri karena ukuran tersebuat bukan ukuran baku. Kayu ini gunanya untuk pegangan dan juga untuk memudahkan saat menusukkan jarum menembus sol sepatu atau sendal.
Berikutnya adalah jeruji sepeda dengan panjang 15 cm. Panjang jeruji ini juga bisa disesuaikan dengan yang anda inginkan. Yang penting tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Jeruji sepeda nanti yang akan dikadikan jarumnya.

Cara membuat :
Setelah dua bahan didapatkan, selanjutnya yang harus dilakukan adalah menanamkan jeruji sepeda sehingga menancap dengan kuat pada kayu (pegangan). Kemudian, dengan menggunakan alat kikir, buat ujung jeruji menjadi runcing dan dibuat agak pipih. Lalu beri semacam rongga dan bentuk menyerupai ujung tombak . Bentuk seperti ini fungsinya untuk menarik benang nilon sehingga terbentuk simpul yang kuat.

Membuat Sendiri Jarum Jahit Sepatu

Terima kasih sudah menyimak tutorial singkat tentang cara membuat sendiri jarum jahit sepatu yang telah saya sampaikan pada kesempatan ini.

Selamat berakhir pekan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *