Usaha Alternatif Dengan Beternak Kelinci Hias

Susah mencari pekerjaan? yah, itulah fenomena yang sedang terjadi saat ini di negeri tercinta yang katanya sudah 68 tahun merdeka. Ketersediaan lapangan kerja yang ada tidak sepadan dengan jumlah pencari kerja, yang terus bertambah setiap tahunnya. Persaingan pun semakin ketat. Segala cara diupayakan untuk dapat meduduki suatu posisi tertentu yang di incarnya. Sogok sana sogok sini sudah menjadi tradisi dan bukan menjadi rahasia lagi. Sebagai contoh,untuk menjadi karyawan di pabrik saja, dengan gaji yang pas-pasan, kita harus bayar dulu (Mungkin ini hanya terjadi di lingkungan saya tinggal). Menyedihkan….
Tapi jangan putus asa dulu kawan, tidak ada maksud saya untuk ‘menggembosi‘ semangat anda dalam mencari kerja. Akan tetapi, saya ingin mengajak anda untuk dapat menjadi seorang yang mandiri dalam berkarya. Yaitu dengan jalan berwirausaha. Bagi yang baru lulus sekolah, dan ingin mencari pengalaman sih boleh-boleh saja. Karena pengalaman itu adalah guru yang terbaik 🙂
Tapi bagi anda yang sudah kesana kemari dan belum juga mendapatkan hasil, tidak ada salahnya mencoba untuk berwirausaha. Salah satu bentuk wirausaha yang cepat mendapatkan keuntungan ialah dengan beternak kelinci hias. Kenapa kelinci hias ? kenapa bukan kelinci pedaging saja ? Dua-duanya sama -sama menguntungkan. Hanya saja, kelinci hias mempunyai jumlah peminat yang lebih luas dibandingkan dengan kelinci pedaging. Alasan lain ialah, kelinci hias sudah dapat dijual ketika masih kecil (baru disapih). Dan peminatnya pun mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.
Ada beberapa alasan mengapa beternak kelinci jauh lebih mudah dibandingkan ternak binatang lainnya. Pertama adalah pemanfaatan lahan. Beternak kelinci tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan dengan kreatifitas Anda bisa merubah lahan sempit sebagai tempat beternak. Alasan kedua adalah biaya produksi kelinci jauh lebih murah sehingga untuk memulai usaha ini Anda tak membutuhkan modal melimpah. Alasan ketiga adalah pemeliharaan juga perawatan kelinci jauh lebih mudah dan tidak menyita tenaga seperti hewan lainnya.Hal lainnya yang mebuat kelinci jauh lebih menguntungkan adalah kemampuannya bereproduksi yang jauh lebih sering dibandingkan hewan ternak lainnya.

Usaha Alternatif Dengan Beternak Kelinci Hias
Jenis kelinci hias yang bisa diternak juga bermacam-macam, mulai dari Dutch, Fuzy Lop, Rex Carpet, Flams, Anggora, Himalayan, dan Giant. Kelinci-kelinci tersebut merupakan jenis kelinci import yang mempunyai ciri khas masing-masing dan terutama terletak pada keindahan bulu dan ukuran tubuhnya. Namun dari semua jenis kelinci hias tersebut makanan yang harus diberikan juga relatif sama dengan kelinci lokal. Misalnya berupa sayuran, rumput, umbi-umbian dan tambahan konsentrat jika diperlukan. Sehingga beternak kelinci bisa Anda jadikan alternatif wirausaha modal kecil yang cukup menguntungkan.
Bahkan di area yang tidak begitu luas pun kita dapat menjalankan ternak kelinci.
Sampai disini dulu sob artikel mengenai Usaha Alternatif Dengan Beternak Kelinci Hias.
Untuk postingan berikutnya saya akan coba sampaikan Langkah-langkah Memulai Usaha Beternak Kelinci Hias 

Salam 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *