Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah

Berhubung siang ini tidak ada aktifitas yang berarti, maka saya akan share sedikit tentang bagaimana Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah. Dari pada ngantuk..hehe 🙂

Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah

Baiklah, langsung saja mulai tahap demi tahap pembuatannya.

Ada beberapa cara dalam pembuatan minyak kelapa, tapi yang akan saya bagikan kepada sobat semuanya adalah cara yang termudah.

 

  • Siapkan satu butir buah kelapa, pilih kelapa yang sudah tua. Kupas kulitnya kemudian pisahkan daging buah dari batoknya dengan cara dicungkil. Setelah itu kelapa baru bisa diparut dengan tangan atau menggunakan alat khusus untuk memarut kelapa. Nggak mau ribet… Jangan kuatir, anda bisa membeli kelapa di tempat yang sekaligus menyediakan jasa pemarutan di sana.
  • Campur kelapa yang sudah diparut tadi dengan air bersih, peras kemudian saring. Yang dibutuhkan untuk membuat minyak kelapa hanyalah santannya saja. Ampasnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti ayam, bebek, atau kelinci. Perhatian : Jangan diberikan pada kucing, karena kucing pasti tidak akan mau untuk memakannya 🙂
  • Masukkan santan kedalam penggorengan dengan api kecil saja. Aduk secara perlahan dan terus-menerus. Hal ini dilakukan untuk memisahkan kandungan air yang terdapat pada santan. Sehingga yang tersisa nanti hanyalah minyak dan ampas dari santan.
  • Setelah dirasa cukup, langkah yang terakhir adalah menyaringnya lalu biarkan dingin sebelum menyimpannya dalam botol.
Seperti kita ketahui, minyak kelapa mempunyai banyak sekali manfaat. Diantaranya ialah mengobati ambeien dan juga dapat mengurangi keriput pada wajah.
Semoga bermanfaat 🙂

 

One thought on “Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *