Tips Memindahkan Anggrek Ke Dalam Pot Bunga Yang Lebih Besar

Anggrek pernah dianggap sebagai tanaman hias yang eksotis dan mahal, dan juga sebagai salah satu tanaman berbunga paling populer. Anggrek relatif mudah untuk dirawat, tetapi beberapa tugas memerlukan teknik-teknik khusus. Seperti ketika Anggrek mulai memperluas tunas di tepi pot bunga. Jika Anda ingin memiliki Anggrek dengan banyak  akar dan tunas yang sehat dan agar, maka akar Anggrek harus mendapatkan udara yang baik. Untuk mencapai itu semua, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk memindahkan Anggrek ke pot bunga yang lebih besar.

Tips Memindahkan Anggrek Ke Dalam Pot Bunga Yang Lebih Besar

Petunjuk pemindahan anggrek
Artikel sebelumnya : Tips Pengepotan Ynag Benar Pada Tanaman Anggrek

1. Isi pot bunga dengan media tanam sekitar dua-pertiga penuh. Hati-hati saat mengangkat Anggrek dari pot yang lama, sehingga Anda tidak merusak setiap tunas baru. Tinggalkan sebagian besar bahan pot yang sudah ada.

2. Pindahkan Anggrek ke pot baru dengan menyebarkan akarnya. Jika Anda memiliki monopodial (satu batang) Orchid untuk dipindah, tempatkan batang di pusat pot baru. Jika sympodial (dengan beberapa batang), posisi Anggrek sehingga dua jari dapat muat antara pinggiran pot dan batang tanaman.

3. Tambahkan media pada pot Anggrek dan usahakan memegang Anggrek di tempatnya. Sehingga apabila dibalik media tanam dan Aggrek tidak berjatuhan.

4. Gunakan air untuk menjaga kelembaban Anggrek di dalam pot. Perlu disadari bahwa Anggrek adalah bunga yang tidak terlalu menyukai air. Anggrek cenderung berkembang baik apabila di tempatkan di jendela sebelah timur rumah Anda. Di musim panas mereka dapat diatur di luar rumah di bawah naungan pohon. Gunakan vitamin B1 agar akar tidak kaget ‘Stress’. Baca : Tips Mencegah Stress Pada Anggrek Yang Baru Anda Beli

5. Ketika Anggrek meluaskan tunas baru di tepi pot bunga, saatnya untuk memindahkan Anggrek ke pot bunga yang lebih besar.

Tips & peringatan Memindahkan anggrek ke pot bunga yang lebih besar

Anda dapat membuat sendiri media tanam Anggrek untuk isian pot dari bahan arang, moss sphagnum, ataupun pakis.

University of Minnesota menganjurkan penanaman Anggrek dalam wadah plastik bening untuk mendorong akar tumbuh ke bawah dan dengan demikian dapat mengurangi jumlah air yang terperangkap di  dalam pot.

Bagikan dengan teman di...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *