Sukses Membungakan Anggrek Dengan Menyesuaikan Habitat Aslinya

Anggrek terkenal akan kecantikan bunganya, sesuai dengan bentuknya yang cantik orang sering mengasumsikan membungakan Anggrek adalah sesuatu yang sulit. Karena penampilan mereka indah, Anggrek diasumsikan memiliki perawatan yang rumit dan sulit untuk tumbuh di rumah. Namun, siapa pun dapat memelihara dan membungakan Anggrek di rumah, asalkan mengikuti langkah-langkah sesuai yang tercantum di bawah ini.

Sukses Membungakan Anggrek Dengan Menyesuaikan Habitat Aslinya

1. Langkah pertama untuk merawat sekaligus membungakan Anggrek adalah faktor cahaya.
Sediakan cahaya terang. Untuk negara-negara dengan musim dingin, dapat menempatkan Anggrek di sebelah Selatan atau Tenggara menghadap jendela. Di negara-negara dengan musim panas, Anggrek dapat diletakkan di luar ruangan dengan penyaring cahaya, hal ini hampir sama dengan tanaman-tanaman hias lain. Di negara tropis seperti Indonesia, Anggrek memang baik menghadap ke arah timur, apabila diletakkan di jendela juga harus ada penyaring cahaya seperti tirai tipis.

2. Anggrek adalah tanaman yang tidak suka air. 
Terlalu sering menyiram tanaman Anggrek justru akan mengakibatkan Anggrek mati. Untuk merawat serta menumbuhkan bunga Anggrek, penyiraman cukup sekali dalam seminggu, dan pastikan air mengalir keluar dari pot. Jangan biarkan akar terendam air dalam jangka waktu yang lama.

3. Menempatkan anggrek dengan suhu yang sesuai.
Tanaman Anggrek  paling senang berada di suhu 26 derajat Celcius. meskipun beberapa varietas dapat berkembang pada suhu serendah 10 derajat Celcius.

4. Untuk pertumbuhan yang baik serta cepat membungakan Anggrek.
Pastikan tanaman ini terkena banyak pergerakan udara. Di habitat alami mereka, Anggrek tumbuh di atas pohon yang tinggi, sehingga mereka perlu mendapatkan peredaran udara yang lancar. Banyak petani Anggrek yang mengisolasi Anggrek mereka di ruangan khusus dan dengan pergerakan udara buatan.

5. Meningkatkan kelembaban sekitar Anggrek.
Tempatkan humidifier portabel dekat Anggrek. Tempatkan piring berisi batu/ kerikil di bawah tanaman dan siramlah. Taruh pot Anggrek di atasnya, pastikan tidak ada kontak antara Anggrek dengan air secara langsung. Hal ini akan membantu Anggrek dalam kondisi lembab dan proses pembungaan Anggrek akan lancar

6. Merawat dan membungakan anggrek harus memperhatikan media tanam.
Gunakan media tanam dan pot yang benar. Media tanam Anggrek tentu tidak sama dengan  tanaman biasa. Anggrek memerlukan campuran khusus, yaitu potongan kulit, serpihan kayu, serat dari kelapa atau pohon-pohon pakis, moss/ lumut dan arang. Baca : Tips Pengepotan Yang Benar Pada Tanaman Anggrek.

7. Pemberian pupuk secukupnya.
Anggrek tidaklah membutuhkan pupuk dalam dosis yang tinggi. Untuk membungakan Anggrek hanya dibutuhkan keteraturan. Cukup berikan pupuk 1 kali dalam seminggu. Gunakan pupuk yang dilarutkan dengan air dan semprotkan pada bagian daun terutama bagian bawahnya, karena di sana terletak stomata yang sangat banyak dibandingkan dengan bagian atas daun atau akar tanaman. Untuk membungakan gunakan pupuk dengan kadar P tinggi, dan apabila telah berbunga gunakan pupuk dengan kadar K tinggi, untuk menjaga bunganya agar tidak rontok. Sedangkan pupuk dengan kadar N tinggi cocok untuk anggrek muda untuk pertumbuhan daun. Dan ingat selalu untuk menggunakan pupuk sesuai dengan saran Produsen. Baca : Cara Yang Tepat Memberi Pupuk Untuk Tanaman Anggrek Anda.

Demikian artikel perihal merawat dan membungakan Anggrek, dan semoga bisa bermanfaat.

Bagikan dengan teman di...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *